Cara Mudah Menghitung RAB
Menghitung rencana anggaran biaya (RAB) merupakan
pekerjaan yang sudah lumrah/ umum dilakukan oleh banyak orang tidak
hanya orang yang punya basic sipil tetapi non sipil pun sudah terbiasa
mengerjakannya. Ada beberapa rumus pendekatan yang bisa dilakukan untuk
memprediksi biaya pembangunan konstruksi oleh para pemula diantaranya :
1. Rumus pendekatan dengan menggunakan harga rate per m2 suatu konstruksi gedung
2. Menghitung volume komponen-komponen konstruksi dan dikalikan dengan harga satuannya.
Cara 1(pertama) ;
Menghitung biaya bangun rumah sistem m2 bangunan
Pada metode perhitungan ini kita hanya membutuhkan dua data yaitu luas
bangunan yang akan dibangun dan harga bangunan per m2 pada waktu dan
lokasi
kegiatan pembangunan. kelebihan metode ini adalah proses menghitung RAB
dapat dilakukan dengan cepat karena tidak banyak memerlukan waktu
pencarian
data dan proses berpikir dan pada dasarnya sistem ini digunakan sebagai
data awal berapa kisaran dana yang perlu disediakan untuk membangun
sebuah konstruksi rumah, contoh perhitunganya sebagai berikut:
Contoh : Kita akan membangun sebuah rumah sederhana di jakarta dengan
ukuran lebar depan 10 m dengan panjang kebelakang 10 m harga bangunan per m2
rumah sederhana +/- Rp.2.200.000,00 ( nilai harga ini hanya sebagai contoh yang
pada kondisi sebenarnya dapat bervariasi menyesuaikan spesifikasi penggunaan
material dan lokasi pembangunan rumah) berapa biaya bangun rumah sederhana
tersebut?
Jawab : Luas bangunan 10m x 10 m = 100m2, jadi rencana anggaran biaya
bangun rumah sebesar 100m2 x Rp.2.200.000,00 = Rp.220.000.000,00 (
Terbilang : dua ratus dua puluh juta rupiah )
Sebagai Informasi :
Harga per m2 gedung sederhana lantai 1 :
±
Rp. 2.200.000,-
Harga per m2 gedung sederhana lantai 2 : ±
Rp. 3.500.000,-
Harga
per m2 gedung sederhana lantai 3 : ±
Rp. 4.500.000,-
Harga tersebut harga pendekatan kami gunakan tahun 2013
Cara 2 (kedua) ;
Menghitung
biaya bangun rumah sistem analisa harga satuan
Urutan
perhitungan RAB rumah secara teliti adalah
- Membuat gambar rumah yang
akan dibangun.
- Membuat spesifikasi material
atau rencana kerja dan syarat bangunan.
- Membuat rincian daftar
perkerjaan yang akan dilaksanakan.
- Menghitung volume masing –
masing item pekerjaan.
- Mencari daftar harga upah
dan bahan terbaru.
- Menghitung analisa harga
satuan setiap item pekerjaan.
- Mengalikan volume dengan
analisa harga satuan.
- Membuat jumlah harga secara
keseluruhan.
- Menambahkan angka hasil
perhitungan rencana anggaran biaya bangunan dengan PPN 10% dan nilai keuntungan
borongan yang akan diberikan kepada kontraktor.
Contoh:
jika kita hendak membangun rumah sederhana maka sebelumnya kita buat gambar
terlebih dahulu dan rencana material yang akan digunakan lalu bisa membuat
rincian item pekerjaan yang akan dihitung harga satuannya, secara umum
misalnya:
- persiapan ( pembersihan
lahan, pendatangan material dll )
- pondasi ( galian tanah,
pemasangan pondasi batu kali, urugan tanah kembali )
- struktur beton bertulang
seperti sloof, kolom dan balok.
- dinding meliputi pasangan
dinding batu bata berikut plesteran dan acian.
- rangka atap dan finishing
penutup atap rumah.
- Pekerjaan plafond rumah.
- Pekerjaan lantai rumah.
- Instalasi plumbing dan
listrik rumah.
- Pengecatan dan perapihan.
Masing-masing
item pekerjaan tersebut kemudian dihitung volumenya berdasarkan gambar bangunan
yang sudah disertai ukuran, lalu menghitung harga satuan pekerjaan diakhiri
dengan mengalikan vollume x harga satuan = harga item pekerjaan.
Contohnya:
pada item pekerjaan cat dinding + plafond kita hitung volumenya sebesar
65,3 m2
dengan harga satuan sebesar Rp.14.640,00 /m2 maka biaya pekerjaan cat
dinding +plafond adalah 65,3 m2 x Rp.14.640,00 = Rp.955.992,00.
Contoh format perhitungannya sebagai berikut :
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy-ewdtGWnXwJaCB3vJJdW5AbCpxbyKWgG5d24MfVNz8VBo5P6JZvWr6m9z73J88h0YICVX10HIIkVJUfA0VVlOIYFAnAHZhQOqyyQJWevUnPcoIwORjvVHOkOS9CvZY35sawwWHcE-B_k/s1600/Rencana-Anggaran-Pada-Biaya-Bangunan-Rumah.jpg) |
SAMPLE RAB |
Nah..
setelah semua item pekerjaan diketahui harganya seperti pada contoh
pekerjaan Cat Dinding+Plafond maka bisa dijumlahkan secara total RAB
rencana anggaran
biaya bangun rumah utuh.
Semoga bermanfaat.......
Proyek Sipil |
02.23 |
22
Google +3
Hak Cipta: Maaf...
Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin
memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang
dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement
Tahap dan Proses dalam membuat RAB Rumah atau Gedung adalah sebagai berikut:
1. Baca Gambar, Pelajari, dan Pahami dulu dengan Cermat dan Teliti semua Gambar Rencana (Bestek) yang ada, termasuk Detail Gambarnya.
2. Buka Aplikasi Ms-Excel, buat File Excel baru, misalnya:
RAB Rumah 1 Unit.xlsx.
Pada
Sheet1 buat
tabel kolom
No., Uraian Pekerjaan, Satuan, dst.
Lalu buat Uraian Pekerjaan yang akan dilakukan dalam Pembangunan Rumah
tersebut (dengan lengkap), berdasarkan Gambar Rencana (Bestek). Kemudian
rename
Sheet1 tsb. menjadi sheet
RAB, agar penyajian File Excel-nya lebih Informatif.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvgrrq4cbo36SldWAattJGquGj3DOF2Cew3hfuIYWFnFnWqyObLUQP3M3-IBERkXi8cUuoz5mZkX8JNqOn-Zyxuz8hLuNnL7ArOSm503dZohyML_EtVfpJY8TaO_78lODyZiLd3jUoQps/s1600/cara+membuat+rab+1a.jpg) |
Gambar 1. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan |
3. Hitung Volume semua Item Uraian Pekerjaan tersebut. Bisa dengan 2 cara, yaitu:
a. Dengan cara Manual, lalu masukkan Data Hasil Perhitungan pada
kolom VOLUME [VOL].
b. Dengan langsung Menghitung Volume pada file Excel tsb., pada masing-masing
Range Pekerjaan, pada
kolom VOLUME [VOL].
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-csu1ZyrMgx-Z2QWFw9elxb6AmXJeIMaip2Gk37B-7jTNzN6Vs_BqJqmawAiMDFc3BpJMroCbPjcinnpWllaverHhxczQHIb2owekj52KkmVB94rG7iiY39YekB0s0QgVL6Bs6rK5kyc/s1600/cara+membuat+rab+2a.jpg) |
Gambar 2. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan yang telah ada Volume |
4. Buat Daftar Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet2, lalu Rename
Sheet2 tsb. menjadi sheet
Harga Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Harga Bahan dan Upah, buat
tabel Harga Bahan dan Upah, dibuat sesuai dengan Analisa Bahan dan Upah yang akan dibuat nantinya.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqkXHlLlXGRDx7RU1sShggeQwxzffNSe2mqRma-ku-G9KqJSHSp0xekxMm9KwfuopwxzeVtmLlwQ4Z8k0Cg-SJPUq9-8HXgXXCI0icoCIc7ucVQJcEAdq9WJYw6Q4KuUsByNdA38tcL0w/s1600/daftar+harga+bahan+dan+upah+rab+2.jpg) |
Gambar 3. Sheet Harga Bahan dan Upah |
5. Buat Perhitungan Analisa Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet3, lalu Rename
Sheet3 tsb. menjadi sheet
Analisa Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Analisa Bahan dan Upah ini, buat
Analisa Satuan Bahan dan Upah sesuai dengan Uraian Pekerjaan
yang ada.
Anda bisa copy-paste dari Analisa yang telah dibuat BSN pada situs ini
http://sisni.bsn.go.id/, atau anda bisa buat Analisa versi anda sendiri. Pekerjaan Ls (lumpsum atau taksir) tidak perlu dibuat Analisanya.
c. Input data
Harga Satuan Bahan dan
Harga Satuan Upah dari
sheet Harga Bahan dan Upah (Gambar 3) pada
sheet Analisa Bahan dan Upah (Gambar 4). Caranya
di Link-kan ya..
d.
Catatan pribadi saya (Penulis): Tidak semua Koefisien yang
ada pada Analisa yang banyak saya temukan selama ini sesuai dengan
Real-Cost di lapangan. Jadi untuk mendapatkan Analisa yang Real-Cost
(sesuai dengan di lapangan), terkadang saya harus melakukan Revisi pada
Koefisien-koefisien tersebut.
Contoh Analisa dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7FMnGoi50oqb0FFdBQy2p5I3daohg1KgHfYSEkQFHtfatDoWAyKaCx8Y42qyIpIETGp_67FXOQVdlJhZ4AChKKvPIltTNW_JuENNX0yXCyUFODz-1-ozEAi6aRbjQxT45G4y1T_VsBDg/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+6.jpg) |
Gambar 4. Sheet Analisa Bahan dan Upah |
6. Input Data dari sheet Harga Analisa Bahan dan Upah (Rp.) pada sheet RAB, (
dari Gambar.4 ke Gambar.2). Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheJ1OJtQsnhEDXxNSNf80QqNRJqan_PKM-9kM5huDy2GCwEfmlJzwgkAxFr21Lfm1BNkJekzVl255d_X3oYQuhToj48NQm6v2pKEWCOJCe8s3amjXS82EVg9hEaEETV90W5e38gH9hNh4/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+7.jpg) |
Gambar 5. Sheet RAB yang telah ada Harga Analisa |
7. Lakukan Perhitungan untuk Mendapatkan JUMLAH HARGA [RP.], yaitu mengalikan data kolom VOLUME [VOL.] dengan data kolom HARGA SAT. [Rp.].
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyBCMLdXYlV9wrIqR7HQTjSRBSAC6hHHDovv1lr6CzxJHTPRTwv1ZXQtFMClnlPVAGLdBt2Wmo3CaVxSEGW5LLdr0u8Q-jxEcNnoWtTl0j57QiSeUQFgSFKHztdmQ-FmJBAQOJH1nTLeI/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+8.jpg) |
Gambar 6. Sheet RAB yang telah ada Jumlah Harga |
8. Buat Rekapitulasi Total Rencana Anggaran Biaya (RAB), caranya:
a. Buka
Sheet4 (jika blom ada Sheet4, klik tombol Insert Worksheet supaya ada), lalu Rename
Sheet4 tsb. menjadi sheet
Rekapitulasi RAB.
b. Pada sheet
Rekapitulasi RAB, buat Judul Uraian Pekerjaan
yang ada saja (yaitu poin A s/d I). Lalu input Data pada Gambar 6 ke dalam sheet Rekapitulasi RAB tsb. Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGvdHeYEcomQ4Nt30BCP9AOSCp3rcoN6gh74IBBAeDNWtC_iiuIIUY1Zf7i6bAwEr17mmWoDalddexNKymP_NA28W4l3uuTpxKzS0OOkyhJY41Cp9of0eJ9sCL67uRD2uAMRlPMncWnPE/s1600/rekapitulasi+rab.jpg) |
Gambar 7. Sheet Rekapitulasi Total Anggaran Biaya (RAB) |
9. Selesai... Supaya lebih jelas, silahkan download file Excel-nya
Disini... Semoga bermanfaat..
Advertisement
Komentar :
Artikel Lain : Perhitungan,
Rencana Anggaran Biaya (RAB)
- See more at: https://proyeksipil.blogspot.co.id/2014/07/cara-membuat-rencana-anggaran-biaya-rab.html#sthash.92m3Amf9.dpuf
Proyek Sipil |
02.23 |
22
Google +3
Hak Cipta: Maaf...
Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin
memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang
dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement
Tahap dan Proses dalam membuat RAB Rumah atau Gedung adalah sebagai berikut:
1. Baca Gambar, Pelajari, dan Pahami dulu dengan Cermat dan Teliti semua Gambar Rencana (Bestek) yang ada, termasuk Detail Gambarnya.
2. Buka Aplikasi Ms-Excel, buat File Excel baru, misalnya:
RAB Rumah 1 Unit.xlsx.
Pada
Sheet1 buat
tabel kolom
No., Uraian Pekerjaan, Satuan, dst.
Lalu buat Uraian Pekerjaan yang akan dilakukan dalam Pembangunan Rumah
tersebut (dengan lengkap), berdasarkan Gambar Rencana (Bestek). Kemudian
rename
Sheet1 tsb. menjadi sheet
RAB, agar penyajian File Excel-nya lebih Informatif.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvgrrq4cbo36SldWAattJGquGj3DOF2Cew3hfuIYWFnFnWqyObLUQP3M3-IBERkXi8cUuoz5mZkX8JNqOn-Zyxuz8hLuNnL7ArOSm503dZohyML_EtVfpJY8TaO_78lODyZiLd3jUoQps/s1600/cara+membuat+rab+1a.jpg) |
Gambar 1. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan |
3. Hitung Volume semua Item Uraian Pekerjaan tersebut. Bisa dengan 2 cara, yaitu:
a. Dengan cara Manual, lalu masukkan Data Hasil Perhitungan pada
kolom VOLUME [VOL].
b. Dengan langsung Menghitung Volume pada file Excel tsb., pada masing-masing
Range Pekerjaan, pada
kolom VOLUME [VOL].
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-csu1ZyrMgx-Z2QWFw9elxb6AmXJeIMaip2Gk37B-7jTNzN6Vs_BqJqmawAiMDFc3BpJMroCbPjcinnpWllaverHhxczQHIb2owekj52KkmVB94rG7iiY39YekB0s0QgVL6Bs6rK5kyc/s1600/cara+membuat+rab+2a.jpg) |
Gambar 2. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan yang telah ada Volume |
4. Buat Daftar Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet2, lalu Rename
Sheet2 tsb. menjadi sheet
Harga Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Harga Bahan dan Upah, buat
tabel Harga Bahan dan Upah, dibuat sesuai dengan Analisa Bahan dan Upah yang akan dibuat nantinya.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqkXHlLlXGRDx7RU1sShggeQwxzffNSe2mqRma-ku-G9KqJSHSp0xekxMm9KwfuopwxzeVtmLlwQ4Z8k0Cg-SJPUq9-8HXgXXCI0icoCIc7ucVQJcEAdq9WJYw6Q4KuUsByNdA38tcL0w/s1600/daftar+harga+bahan+dan+upah+rab+2.jpg) |
Gambar 3. Sheet Harga Bahan dan Upah |
5. Buat Perhitungan Analisa Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet3, lalu Rename
Sheet3 tsb. menjadi sheet
Analisa Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Analisa Bahan dan Upah ini, buat
Analisa Satuan Bahan dan Upah sesuai dengan Uraian Pekerjaan
yang ada.
Anda bisa copy-paste dari Analisa yang telah dibuat BSN pada situs ini
http://sisni.bsn.go.id/, atau anda bisa buat Analisa versi anda sendiri. Pekerjaan Ls (lumpsum atau taksir) tidak perlu dibuat Analisanya.
c. Input data
Harga Satuan Bahan dan
Harga Satuan Upah dari
sheet Harga Bahan dan Upah (Gambar 3) pada
sheet Analisa Bahan dan Upah (Gambar 4). Caranya
di Link-kan ya..
d.
Catatan pribadi saya (Penulis): Tidak semua Koefisien yang
ada pada Analisa yang banyak saya temukan selama ini sesuai dengan
Real-Cost di lapangan. Jadi untuk mendapatkan Analisa yang Real-Cost
(sesuai dengan di lapangan), terkadang saya harus melakukan Revisi pada
Koefisien-koefisien tersebut.
Contoh Analisa dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7FMnGoi50oqb0FFdBQy2p5I3daohg1KgHfYSEkQFHtfatDoWAyKaCx8Y42qyIpIETGp_67FXOQVdlJhZ4AChKKvPIltTNW_JuENNX0yXCyUFODz-1-ozEAi6aRbjQxT45G4y1T_VsBDg/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+6.jpg) |
Gambar 4. Sheet Analisa Bahan dan Upah |
6. Input Data dari sheet Harga Analisa Bahan dan Upah (Rp.) pada sheet RAB, (
dari Gambar.4 ke Gambar.2). Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheJ1OJtQsnhEDXxNSNf80QqNRJqan_PKM-9kM5huDy2GCwEfmlJzwgkAxFr21Lfm1BNkJekzVl255d_X3oYQuhToj48NQm6v2pKEWCOJCe8s3amjXS82EVg9hEaEETV90W5e38gH9hNh4/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+7.jpg) |
Gambar 5. Sheet RAB yang telah ada Harga Analisa |
7. Lakukan Perhitungan untuk Mendapatkan JUMLAH HARGA [RP.], yaitu mengalikan data kolom VOLUME [VOL.] dengan data kolom HARGA SAT. [Rp.].
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyBCMLdXYlV9wrIqR7HQTjSRBSAC6hHHDovv1lr6CzxJHTPRTwv1ZXQtFMClnlPVAGLdBt2Wmo3CaVxSEGW5LLdr0u8Q-jxEcNnoWtTl0j57QiSeUQFgSFKHztdmQ-FmJBAQOJH1nTLeI/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+8.jpg) |
Gambar 6. Sheet RAB yang telah ada Jumlah Harga |
8. Buat Rekapitulasi Total Rencana Anggaran Biaya (RAB), caranya:
a. Buka
Sheet4 (jika blom ada Sheet4, klik tombol Insert Worksheet supaya ada), lalu Rename
Sheet4 tsb. menjadi sheet
Rekapitulasi RAB.
b. Pada sheet
Rekapitulasi RAB, buat Judul Uraian Pekerjaan
yang ada saja (yaitu poin A s/d I). Lalu input Data pada Gambar 6 ke dalam sheet Rekapitulasi RAB tsb. Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGvdHeYEcomQ4Nt30BCP9AOSCp3rcoN6gh74IBBAeDNWtC_iiuIIUY1Zf7i6bAwEr17mmWoDalddexNKymP_NA28W4l3uuTpxKzS0OOkyhJY41Cp9of0eJ9sCL67uRD2uAMRlPMncWnPE/s1600/rekapitulasi+rab.jpg) |
Gambar 7. Sheet Rekapitulasi Total Anggaran Biaya (RAB) |
9. Selesai... Supaya lebih jelas, silahkan download file Excel-nya
Disini... Semoga bermanfaat..
Advertisement
Komentar :
Artikel Lain : Perhitungan,
Rencana Anggaran Biaya (RAB)
- See more at: https://proyeksipil.blogspot.co.id/2014/07/cara-membuat-rencana-anggaran-biaya-rab.html#sthash.92m3Amf9.dpuf
Proyek Sipil |
02.23 |
22
Google +3
Hak Cipta: Maaf...
Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin
memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang
dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement
Tahap dan Proses dalam membuat RAB Rumah atau Gedung adalah sebagai berikut:
1. Baca Gambar, Pelajari, dan Pahami dulu dengan Cermat dan Teliti semua Gambar Rencana (Bestek) yang ada, termasuk Detail Gambarnya.
2. Buka Aplikasi Ms-Excel, buat File Excel baru, misalnya:
RAB Rumah 1 Unit.xlsx.
Pada
Sheet1 buat
tabel kolom
No., Uraian Pekerjaan, Satuan, dst.
Lalu buat Uraian Pekerjaan yang akan dilakukan dalam Pembangunan Rumah
tersebut (dengan lengkap), berdasarkan Gambar Rencana (Bestek). Kemudian
rename
Sheet1 tsb. menjadi sheet
RAB, agar penyajian File Excel-nya lebih Informatif.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvgrrq4cbo36SldWAattJGquGj3DOF2Cew3hfuIYWFnFnWqyObLUQP3M3-IBERkXi8cUuoz5mZkX8JNqOn-Zyxuz8hLuNnL7ArOSm503dZohyML_EtVfpJY8TaO_78lODyZiLd3jUoQps/s1600/cara+membuat+rab+1a.jpg) |
Gambar 1. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan |
3. Hitung Volume semua Item Uraian Pekerjaan tersebut. Bisa dengan 2 cara, yaitu:
a. Dengan cara Manual, lalu masukkan Data Hasil Perhitungan pada
kolom VOLUME [VOL].
b. Dengan langsung Menghitung Volume pada file Excel tsb., pada masing-masing
Range Pekerjaan, pada
kolom VOLUME [VOL].
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-csu1ZyrMgx-Z2QWFw9elxb6AmXJeIMaip2Gk37B-7jTNzN6Vs_BqJqmawAiMDFc3BpJMroCbPjcinnpWllaverHhxczQHIb2owekj52KkmVB94rG7iiY39YekB0s0QgVL6Bs6rK5kyc/s1600/cara+membuat+rab+2a.jpg) |
Gambar 2. Sheet RAB - Uraian Pekerjaan yang telah ada Volume |
4. Buat Daftar Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet2, lalu Rename
Sheet2 tsb. menjadi sheet
Harga Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Harga Bahan dan Upah, buat
tabel Harga Bahan dan Upah, dibuat sesuai dengan Analisa Bahan dan Upah yang akan dibuat nantinya.
Seperti Contoh Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhqkXHlLlXGRDx7RU1sShggeQwxzffNSe2mqRma-ku-G9KqJSHSp0xekxMm9KwfuopwxzeVtmLlwQ4Z8k0Cg-SJPUq9-8HXgXXCI0icoCIc7ucVQJcEAdq9WJYw6Q4KuUsByNdA38tcL0w/s1600/daftar+harga+bahan+dan+upah+rab+2.jpg) |
Gambar 3. Sheet Harga Bahan dan Upah |
5. Buat Perhitungan Analisa Harga Satuan Bahan dan Upah, caranya:
a. Buka
Sheet3, lalu Rename
Sheet3 tsb. menjadi sheet
Analisa Bahan dan Upah.
b. Pada sheet
Analisa Bahan dan Upah ini, buat
Analisa Satuan Bahan dan Upah sesuai dengan Uraian Pekerjaan
yang ada.
Anda bisa copy-paste dari Analisa yang telah dibuat BSN pada situs ini
http://sisni.bsn.go.id/, atau anda bisa buat Analisa versi anda sendiri. Pekerjaan Ls (lumpsum atau taksir) tidak perlu dibuat Analisanya.
c. Input data
Harga Satuan Bahan dan
Harga Satuan Upah dari
sheet Harga Bahan dan Upah (Gambar 3) pada
sheet Analisa Bahan dan Upah (Gambar 4). Caranya
di Link-kan ya..
d.
Catatan pribadi saya (Penulis): Tidak semua Koefisien yang
ada pada Analisa yang banyak saya temukan selama ini sesuai dengan
Real-Cost di lapangan. Jadi untuk mendapatkan Analisa yang Real-Cost
(sesuai dengan di lapangan), terkadang saya harus melakukan Revisi pada
Koefisien-koefisien tersebut.
Contoh Analisa dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7FMnGoi50oqb0FFdBQy2p5I3daohg1KgHfYSEkQFHtfatDoWAyKaCx8Y42qyIpIETGp_67FXOQVdlJhZ4AChKKvPIltTNW_JuENNX0yXCyUFODz-1-ozEAi6aRbjQxT45G4y1T_VsBDg/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+6.jpg) |
Gambar 4. Sheet Analisa Bahan dan Upah |
6. Input Data dari sheet Harga Analisa Bahan dan Upah (Rp.) pada sheet RAB, (
dari Gambar.4 ke Gambar.2). Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheJ1OJtQsnhEDXxNSNf80QqNRJqan_PKM-9kM5huDy2GCwEfmlJzwgkAxFr21Lfm1BNkJekzVl255d_X3oYQuhToj48NQm6v2pKEWCOJCe8s3amjXS82EVg9hEaEETV90W5e38gH9hNh4/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+7.jpg) |
Gambar 5. Sheet RAB yang telah ada Harga Analisa |
7. Lakukan Perhitungan untuk Mendapatkan JUMLAH HARGA [RP.], yaitu mengalikan data kolom VOLUME [VOL.] dengan data kolom HARGA SAT. [Rp.].
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyBCMLdXYlV9wrIqR7HQTjSRBSAC6hHHDovv1lr6CzxJHTPRTwv1ZXQtFMClnlPVAGLdBt2Wmo3CaVxSEGW5LLdr0u8Q-jxEcNnoWtTl0j57QiSeUQFgSFKHztdmQ-FmJBAQOJH1nTLeI/s1600/cara+membuat+analisa+bahan+dan+upah+8.jpg) |
Gambar 6. Sheet RAB yang telah ada Jumlah Harga |
8. Buat Rekapitulasi Total Rencana Anggaran Biaya (RAB), caranya:
a. Buka
Sheet4 (jika blom ada Sheet4, klik tombol Insert Worksheet supaya ada), lalu Rename
Sheet4 tsb. menjadi sheet
Rekapitulasi RAB.
b. Pada sheet
Rekapitulasi RAB, buat Judul Uraian Pekerjaan
yang ada saja (yaitu poin A s/d I). Lalu input Data pada Gambar 6 ke dalam sheet Rekapitulasi RAB tsb. Caranya
di Link-kan ya..
Hasilnya seperti Gambar dibawah ini:
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGvdHeYEcomQ4Nt30BCP9AOSCp3rcoN6gh74IBBAeDNWtC_iiuIIUY1Zf7i6bAwEr17mmWoDalddexNKymP_NA28W4l3uuTpxKzS0OOkyhJY41Cp9of0eJ9sCL67uRD2uAMRlPMncWnPE/s1600/rekapitulasi+rab.jpg) |
Gambar 7. Sheet Rekapitulasi Total Anggaran Biaya (RAB) |
9. Selesai... Supaya lebih jelas, silahkan download file Excel-nya
Disini... Semoga bermanfaat..
Advertisement
Komentar :
Artikel Lain : Perhitungan,
Rencana Anggaran Biaya (RAB)
- See more at: https://proyeksipil.blogspot.co.id/2014/07/cara-membuat-rencana-anggaran-biaya-rab.html#sthash.92m3Amf9.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar